Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN USN Kolaka Gelar Seminar di Desa Kaloloa

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Sabtu, 17 Agustus 2024 | Agustus 17, 2024 WIB Last Updated 2024-08-17T12:38:39Z


Kolaka,
Sultra cerdas com -                     Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Semblanbelas November Kolaka pada hari Rabu (14/08/2024) kemarin menggelar seminar program kerja dengan tema “Mewujudkan Desa Mandiri Berkarakter BISA (Bersinergi, Inovatif, Santun dan Adaptif) guna mewujudkan Indonesia Emas 2045” di Desa Kaloloa, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. 


Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi desa yang ada di Desa Kaloloa dengan melibatkan masyarakat dalam pengembangan desa. Salah satu program kerja unggulan yang dibahas dalam seminar ini adalah pengembangan potensi Wisata Pantai Kei-Kei. 


Mahasiswa KKN melihat potensi besar di sektor pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian desa. Rencana pengembangan yang disusun meliputi perbaikan infrastruktur, pelatihan pengelolaan wisata, serta promosi wisata melalui sosial media.


"Melalui program KKN ini, kami dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka ingin berkontribusi aktif dalam membangun desa guna mendukung program pemerintah, baik yang dicanangkan oleh Pemerintah Desa maupun Pemerintah Pusat," ungkap Ir. Arif, S.T., M.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan. 


"Kami yakin dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah desa dan masyarakat ini akan semakin memajukan desa dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat." Sambungnya 


Suprianto selaku Kepala Desa Kaloloa menyambut baik program kerja KKN ini dan berharap dapat bersinergi dengan mahasiswa untuk mewujudkan Desa Mandiri. 


“Kami sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN. Program ini sejalan dengan visi kami untuk menjadikan Desa Kaloloa sebagai Desa Maju. Selain mengembangkan potensi desa yang ada, kami juga berharap mahasiswa membantu kami dalam menyusun dokumen pengajuan Pembangunan Gedung sekolah dasar, sebab Desa Kaloloa saat ini belum memiliki Fasilitas Gedung Sekolah Dasar yang permanen, yang ada saat ini hanya sekolah darurat, akibatnya anak-anak warga Desa kaloloa usia sekolah dasar masih harus bersekolah di desa tetangga” ujarnya.


Kegiatan seminar program kerja tersebut dihadiri oleh peserta KKN, Masyarakat Desa Kaloloa, Aparat Desa, ketua BPD Desa Kaloloa serta pendamping Desa Kecamatan Samaturu. (Eno)

×
Berita Terbaru Update