Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dukung Tugas Kepolisian di Koltim, Puslitbang Polri Lakukan Evaluasi Penggunaan Fixed Phone

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Senin, 15 Juli 2024 | Juli 15, 2024 WIB Last Updated 2024-07-15T08:15:37Z


Koltim, Sultra cerdas com - Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri tengah melaksanakan penelitian tentang penggunaan telepon kabel (fixed phone) di lingkungan Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas kepolisian yang efektif dan efisien. 


Penelitian ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk menyesuaikan infrastruktur komunikasi dengan tuntutan era digitalisasi yang semakin mengandalkan telepon seluler dan komunikasi data.


Meskipun penggunaan telepon kabel cenderung menurun, di sektor keamanan seperti kepolisian, fixed phone masih dianggap penting untuk panggilan internal dan komunikasi pelayanan kepolisian. Polri telah menginvestasikan sejumlah besar dana untuk instalasi, pemeliharaan, dan operasional fixed phone.


Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Div TIK) Polri telah melakukan berbagai upaya optimalisasi layanan telepon di tingkat Mabes Polri, termasuk penghapusan nomor yang tidak aktif, pendataan ulang, pengecekan rutin, dan koordinasi dengan PT Telkom untuk penambahan dan pemutusan layanan. 


Upaya ini berhasil memangkas jumlah layanan telepon dan Indihome secara signifikan, yang berdampak pada efisiensi anggaran.


Puslitbang Polri merasa perlu memastikan bahwa langkah-langkah optimalisasi tersebut juga diterapkan di tingkat kewilayahan. Oleh karena itu, mereka melakukan penelitian di sepuluh Polda, termasuk Polda Sultra dan lima Polres jajaran. 


Penelitian yang berlangsung dari 15 hingga 18 Juli 2024 ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif melalui checklist, kuesioner online, observasi, dan wawancara mendalam.


Penelitian ini dipimpin oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K., dengan anggota Kompol Septi Astuti, S.T., M.A., Penata TK I Mulyanto, S.E., dan didampingi Narasumber dari Div TIK Polri Kompol Budi Prastyono, A.Md. 


Diharapkan, dari hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang efektivitas dan efisiensi penggunaan fixed phone dalam mendukung tugas kepolisian, serta membantu Polri dalam mengambil keputusan strategis terkait infrastruktur komunikasi.




Laporan     :   Humas Polres Kotim 

×
Berita Terbaru Update