Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPD LAKI Sultra Dukung Dr. Didi Tasidi Jadi Jaksa Agung RI

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 19 Juni 2024 | Juni 19, 2024 WIB Last Updated 2024-06-19T11:13:09Z


Kendari, Sultra cerdas com - Tuntutan masyarakat agar aparat penegak hukum menjaga independensi dalam melaksanakan tugasnya secara konsisten tanpa dibebani kepentingan politik, terus disuarakan berbagai lapisan masyarakat. 


Hal itu muncul setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan uji materi syarat pengangkatan Jaksa Agung yang diatur dalam pasal 20 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan RI Nomor 6/PUU-XXII/2024. Pasca lahirnya putusan MK tersebut, beberapa mulai muncul untuk mengisi jabatan Jaksa Agung RI yang akan menggantikan ST Burhanuddin, menyusul segera terbentuknya pemerintahan baru Prabowo Subianto. 


Putusan MK tersebut mendapat dukungan dari berbagai kalangan karena jabatan Jaksa Agung RI bukanlah jabatan politik 


Dari sekian banyak nama tokoh calon Jaksa Agung yang sudah mencuat dan diusulkan beberapa organisasi adalah Dr Didi Tasidi, SH, MH yang saat ini menjabat Ketua Umum Himpunan Advokat Indonesia (HAPI)


Munculnya nama Dr. Didi Tasidi, SH., MH tentu saja mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai elemen baik dari kalangan Aktivis, Akademisi dan Praktisi dan terkhusus Dewan Pimpinan Daerah Laskar Anti Korupsi Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (DPD LAKI Sultra) yang menginginkan hukum di Indonesia berjalan dengan baik dan benar sesuai tujuan dan cita-cita luhur Undang-Undang Dasar 1945.


Ketua Dewan Pimpinan Daerah Laskar Anti Korupsi Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Mardin Fahrun, mengatakan, DPD LAKI Sulawesi Tenggara termasuk yang sangat mendukung agar Ketua Umum DPP HAPI Dr. Didi Tasidi, SH.,MH diangkat menjadi Jaksa Agung RI menggantikan ST Burhanuddin. 


Saya sebagai Ketua DPD LAKI Sulaweei Tenggara mendukung penuh Dr Didi Tasidi, SH.MH untuk diangkat menjadi Jaksa Agung RI menggantikan ST Burhanuddin," jelas Mardin Fahrun, kepada Sultra cerdas com,  Rabu 19 Juni 2024


Menurutnya, ke depan di tangan Dr Didi Tasidi, marwah keadilan hukum di Indonesia dapat dijaga dan ditegakkan sesuai peraturan yang berlaku, karena Kejaksaan sebagai pengemban asas dominus litis. Pungkas Aktivis Muda Sultra. 


Dukungan politik dalam berbagai kebijakan hukum dan penegakan hukum sangat dibutuhkan Jaksa Agung RI dalam menjalankan tugasnya di negara tercinta ini.


Ditegaskan salah satu praktisi hukum yang mengajar di beberapa kampus tersebut, dengan bekal pengalaman yang cukup sebagai aktivis dan Ketua Umum DPP HAPI, maka sangat yakin jika Dr Didi Tasidi, SH.MH akan mampu memimpin Kejaksaan RI dalam upaya menegakkan hukum secara konsisten dan independen.


Peran Jaksa Agung sebagai top leader di lingkungan lembaga penegak hukum sangat vital sehingga dibutuhkan sosok pemimpin yang kompeten dan berpengalaman di bidang penegakkan hukum khususnya.

×
Berita Terbaru Update