Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dikbud Kolaka Sosialisasikan Dana Abadi Kebudayaan

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Kamis, 27 Juni 2024 | Juni 27, 2024 WIB Last Updated 2024-06-27T23:40:46Z


Kolaka,  Sultra cerdas com - Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka menggelar sosialisasi Dana Indonesiana atau Dana Abadi Kebudayaan dengan mengahdirkan pemateri dari Jakarta, yang dihadiri puluhan peserta dari perwakilan tokoh adat, tokoh masyarakat, seniman, budayawan, dan berbagai komunitas sanggar, bertempat di salah satu hotel di Kolaka, Kamis (27/6).


Kabid Kebudayaan Dikbud Kolaka Moh Tasilman mengatakan kegiatan hari ini merupakan kegiatan sosialisasi Dana Indonesiana atau biasa disebut Dana Abadi Kebudayaan yang merupakan program dari pusat melalui Kementerian pendidikan dan kebudayaan.


Adapun terkait dengan skema pembiayaan dibidang kebutuhan sasarannya untuk perorangan baik itu seniman, budayawan, dan kelembagaan komunitas seni dan sanggar, teater serta kelembagaan adat.


"Jadi manfaat program ini ada 11 yang akan diberikan terkait dengan seni dan budaya yang mencapai ratusan juta rupiah. Anggaran ini diberikan setiap tahun dari untuk kabupaten kota yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang mana pendaftaran untuk mendapatkan program ini melalui aplikasi jadi semua bisa mengakses program tersebut," katanya.


Sehingga dirinya berharap dengan kegiatan ini semoga bisa menjadi solusi bagi semua seniman dan pelaku budaya untuk mendapatkan pembiayaan kegiatan. Karena selama ini anggaran dari pemerintah daerah terbatas sehingga dengan hadirnya bantuan ini tentunya bisa membantu para seniman dan budayawan.


"Kita harapkan para seniman dan budayawan akan meningkat kapasitasnya secara lebih profesional karena syarat untuk mendapatkan dana abadi ini cukup banyak tetapi substansi dari kegiatan ini itu yang diutamakan. Selain itu, kita berharap kedepannya di Kabupaten Kolaka juga bisa mendapatkan program dana Indonesiana setiap tahunnya," harapnya.


Salah satu peserta Rustam Sabona mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut hanya saja waktu untuk memasukkan proposal tinggal menghitung hari untuk diajukan akan tetapi ditahun depan bisa mengajukan kembali.


"Kita apresiasi karena dengan adanya kegiatan ini sehingga kita masyarakat Kabupaten Kolaka bisa mengetahui dengan adanya program bantuan ini, sehingga kita berharap ditahun 2025 kabupaten Kolaka bisa mendapatkan bantuan Dana Indonesiana," pintanya. (Eno)


Ketgam: Suasana sosialisasi Dana Indonesiana atau Dana Abadi Kebudayaan yang dilaksanakan Dikbud Kolaka.

×
Berita Terbaru Update