Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sambut Ramdhan SMPN 1 Kolaka Gelar Bersih Masjid

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Selasa, 12 Maret 2024 | Maret 12, 2024 WIB Last Updated 2024-03-13T02:19:47Z

Ketgam: sejumlah siswi SMPN 1 Kolaka saat melaksanakan bersih-bersih masjid jelang Ramadhan.

Kolaka,
Sultra Cerdas com - Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, ratusan siswa SMP Negeri 1 Kolaka melaksanakan bakti sosial (Baksos) dengan membersihkan rumah ibadah (masjid) pada Sabtu (9/3). 


Kepala SMPN 1 Kolaka Dakir Torang mengatakan, kepedulian sosial perlu dibangun sejak dini, sebab kepedulian sosial adalah sebuah sikap yang mencerminkan rasa empati, kebersamaan kepada sesama baik secara individu maupun bermasyarakat. 


"Kepedulian sosial merupan salah satu nilain karakter yang harus diwujudkan dalam diri kita. Nilai-nilai kepdulian sosial harus ditanamkan sejak dini di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah," katanya. 


Dikatakannya, sekolah merupakan tempat belajar yang tidak hanya berfokus untuk meningkatkan kemampuan akademik namun sekolah juga mengembang tugas menstimuls peserta didik dan warga sekolah untuk dapat memiliki kepedulian sosial.


"Tahun ini tepatnya di Bulan Maret 2024, SMPN 1 Kolaka kembali mengagendakan sebuah aksi sosial yang merupakan kalender tahunan sekolah yaitu “Kepedulian Sosial menyambut Ramadhan 1445 H/ 2024 M”. Aksi sosial ini diwujudkan dengan melakukan aksi membersihkan beberapa Mesjid di Kelurahan Tahoa, keluarahan Balandete, Keleruhan Laombaa dan Kelurahan Sabilambo Kecamatan Kolaka. Target pembersihan adalah ruangan sholat, kamar mandi, tempat Wlwudhu dan halaman masjid," jelasnya. 


Adapun, lanjut Dakir dalam melaksanakan bersih-bersih masjid, para peserta didik yang berjumlah 700 orang berbagi tugas ke seluruh masjid bersama para guru dan staf meluangkan waktu untuk malakukan aksi pembersihan. 


Sedangkan, peseta didik muslim dan non muslim sama-sama bergerak membersihkan masjid. Kondisi ini menggambarkan nilai torleransi dan kepedulian sosial telah membudaya di SMPN 1 Kolaka.


Apalagi, dalam Kurikulum Merdeka kepedulian sosial telah dibangun melalui pewujudan Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan dapat menjadi karakter peserta didik berdasarkan nilai nilai luhur Pancasila. Beriman, bertakwa dan beraklah mulia serta bergotong royong adalah dua point dari Profil Pelajar Pancasila yang diimplemntasikan melalui kepedulian sosial.


"SMPN 1 Kolaka sebagai sekolah penggerak akan terus membudayan pendidikan karakter yang merupakan bagian dari visi dan misi sekolah baik melalui pembelajaran teori di kelas maupun pelaksanaan praktek langsung di lapangan. Bukti Pendidikan karakter secara nyata adalah diagendakannya kegiatan pembersihan masjid setiap tahun untuk mengedukasi warga sekolah betapa pentingnya memiliki rasa empati, kepersamaan dan kepedulian sosial. Selain rumah ibadah SMPN 1 Kolaka juga sudah sering melakukan pembersihan di tempat-tempat umum yang berpotensi memiliki sampah seperti dilokasi lokasi keramaian.


Harapan warga sekolah SMPN 1 Kolaka membersihan masjid adalah semoga ibadah Ramadhan yang akan di lakukan dapat terlaksana dengan baik dan pada dasarnya masjid masjid yang menjadi target pembersihan adalah masjid masjid dimana para peserta didik dan guru tinggal dan menjadi tempat ibadah dan sholat mereka juga," tutup Dakir (eno) 



×
Berita Terbaru Update