Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Perdainkop dan UKM Terus Kembangkan UMKM di Kolaka Timur

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T15:52:05Z

 


Koltim, Sultra cerdas com - Dinas Perdainkop dan UKM Kabupaten Kolaka Timur, terus mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendorong kemajuan  pelaku usaha demi meningkatkan ekonomi masyarakat.


Menurut Kepala Dinas Perdainkop  Supriadi,S.Pd.,M.Si saat ditemui Sultra cerdas com diruang kerjanya , Rabu (6/12)  Ia meminta semua pihak dapat mengembangkan UMKM secara terus menerus guna mendorong kemajuan sektor kewirausahaan di daerahnya.


"Pertumbuhan UMKM di Kolaka Timur  semakin bertambah setiap tahunnya, sehingga saya ingin menjadikan ini menjadi tugas kita bersama, sebagai upaya untuk mendorong kemajuan kewirausahaan melalui pengembangan UMKM," ujar Supriadi 


Dikatakannya, Kita memerlukan penguatan UMKM dan kewirausahaan, sebab ini penting, mengingat UMKM menjadi penggerak ekonomi sekaligus menyerap tenaga kerja yang paling efektif. Dan di kemudian hari akan banyak tantangan yang akan di hadapi UMKM oleh karena ini itu Pemerintah daerah Kolaka Timur  akan terus berupaya agar sektor UMKM bisa terus maju dan berkembang.



Dalam  waktu dekat ini, dibeberkan mantan camat Lambandia ini,  kita akan menyerahkan 100 bantuan UMKM yang kami anggap berdampak positif  diantaranya bantuan untuk pelaku usaha berupa mixer bagi pengelola makanan seperti donat dan kue kue lain.


Kemudian ada bantuan mesin sagu, bantuan pentolan pembuatan bakso dan ini diberikan bukan per kelompok tetapi person semua akan diserahkan dalam waktu dekat ini, sekarang ini proses pembuatan alatnya itu setelah itu kita akan berikan kepada Masyarakat bagi yang telah masuk proposalnya.


" Insyaallah ditahun  2024 akan ada peltihan bagi pelaku usaha baru, karena   pelaku usaha yang embrionya sudah memiliki  dasar dalam berusaha, jangan sampai salah arah, tentunya diberikan sesuai kebutuhan harus tepat sasaran sehingga ada epek positif untuk  perputaran ekonomi yang  berdampak pada usahanya," ucapnya  



Terkait bantuan bagi pelaku Usaha yang diberikan tahun lalu itu adalah bantuan covif atau penekanan  inflasi merupakan program nasional, kalau program pusat masi berjalan tetap kami lakukan itu tergantung pimpinan kalau akan dilanjutkan, Kendati demikian,  kami tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi para pelaku usaha,  jika ada batuan maka kami akan serahkan bantuan tersebut.


 "Selaku yang mendampingi atau pembina UMKM ini,  kami selalu mengharapkan apa yang kami berikan itu agar selalu dimanfaatkan untuk meningkatan usaha yang di geluti meningkatkan pelaku usaha yang dapat dikembangkan dari hulu ke hilir," kata Kantan


Diharapkan, degan adanya forum UMKM kecamatan maka ada pemetaan semua pelaku usaha  dari hilir  bisa bergabung  di kecamatan dan ketika ada peltihan bisa diikutkan,  jangan itutu terus.


"Oleh karena itu saya tetap berharap kepada semua pihak untuk bersama-sama mendorong kemudahan akses permodalan, dan pihak lain juga seperti para pengusaha untuk membuat anak-anak asuh UMKM. Pemerintah daerah menyiapkan Pusat Pasar UMKM yang arealnya cukup luas dan nanti diharapkan pasar inilah yang akan menjadi pusat pengembangan UMKM di Koltim," pungkasnya (Adv)




×
Berita Terbaru Update