Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kabid Pengendalian Penanaman Modal dan Pengaduan Layanan Beberkan Kegiatan Aksi " Gemulai "

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Jumat, 24 November 2023 | November 24, 2023 WIB Last Updated 2023-12-03T13:30:17Z

ketgam : Kabid Pengendalian Penanaman Modal dan Pengaduan Layanan Moh. Ajis Malaka

Koltim, Sultra cerdas com -   Dinas Penanaman  Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten  Kolaka Timur gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan V Tahun 2023, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Makassar, bertempat di aula pertemuan DPMPTSP, Jumat (24/11/2023)


Dalam laporannya, kepala  Bidang Pengendalian Penanaman Modal dan Pengaduan Layanan Moh. Ajis Malaka, S.Sos menyampaikan laporan Implementasi Aksi Perubahan sebagai bagian dari Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator  Dengan judul Gerakan Melayani Usaha dan Laporan Investasi ‘’ GEMULAI ‘’ di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten  Kolaka Timur 


Aksi perubahan ini dilatar belakangi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 ditetapkan bahwa setiap perusahaan penanaman modal berkewajiban untuk membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan menyampaikannya kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melalui OSS RBA.


" Dimana Setiap perusahaan penanaman modal wajib menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal ( LKPM) periode Triwulan dan Semester." Kata Ajis



Dijelaskannya, tujuan dari Aksi Perubahan ini adalah, untuk mewujudkan peningkatan kinerja Pemerintah Daerah, melalui tercapainya target realisasi investasi per tahun, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.


"  Sehingga berdampak pada kontinuitas pembangunan ekonomi, menyerap tenaga kerja dan menekan kemiskinan, sehingga terdapat perbaikan tingkat kesejahteraan rakyat secara keseluruhan dan merata." Tuturnya 


Lebih lanjut, kata Ajis sapaan akrabnya, untuk jangka pendek  terwujudnya aksi perubahan GEMULAI (Gerakan Melayani Usaha dan Laporan Investasi.) dalam mengoptimalkan realisasi Laporan investasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka Timur.


Kemudian, jangka menengah yaitu Optimalnya penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal pada setiap pelaku usaha yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).



Sedngakann jangka panjang, tercapainya target Realisasi investasi setiap tahun pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka Timur.


 Adapun manfaat aksi perubahan yaitu : 


1. Manfaat Internal


 Tercapainya target realisasi investasi yang telah di tetapkan. Mewujudkan tata Kelola Laporan Kegiatan Penanaman Modal yang terpadu. Tersedianya data base yang valid mengenai realisasi investasi setiap tahunnya.


2. Manfaat Eksternal


Memperoleh informasi mengenai kewajiban pemilik perizinan berusaha yang jelas dan mudah dimengerti, Meningkatnya kualitas SDM pelaku usaha guna bersinergi dengan pemerintah dalam peningkatan iklim investasi di daerah.



Selanjutnya, kata Ajis Kondisi saat iniBelum optimalnya pelaku usaha menyampaikan (LKPM)Kualitas SDM rendah Belum meningkatnya daya tarik penanaman modal dalam berinvestasi Belum tersusunnya perencanaan penanaman modal dalam rangka peningkatan daya saing penanaman modal pada sektor prioritas  Sarana dan prasarana belum memadai Sedikitnya pelaku usaha yang konsultasi ke DPMPTSP



" Kami berharap terwujudnya realisasi investasi melalui laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) Ruang lingkup dari aksi perubahan ini adalah diperlukan sebuah solusi dalam mengatasi masalah tersebut, yakni pendekatan layanan kepada pelaku usaha Belum dan sdh mendapatkan NIB," harapnya mengakhiri laporannya (Adv)





Laporan     :  M4R




×
Berita Terbaru Update