Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Qodratullah Natsir Sinta (QNS) Komentari Pelantikan Pejabat di Akhir Masa Jabatan: "Transparansi dan Akuntabilitas Kunci Utama"

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Senin, 04 September 2023 | September 04, 2023 WIB Last Updated 2023-09-04T11:19:53Z

poto : Qodratullah Natsir Sinta

Kolaka,
Sultra cerdas com  - Pelantikan pejabat pemerintah daerah oleh Bupati walikota dan pemerintah provinsi oleh Gubernur di beberapa daerah di akhir masa jabatan mereka telah menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat. Banyak pihak yang mempertanyakan motif dan urgensi pelantikan tersebut.


Salah satu tokoh pemuda Sultra  yang memberikan pendapat terkait hal ini adalah Qodratullah Natsir Sinta (QNS).Ia menyoroti bahwa sementara pelantikan tersebut sah secara hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan.


"Secara hukum, tidak ada larangan bagi Bupati walikota  atau Gubernur untuk melantik pejabat di akhir masa jabatannya. Namun, tindakan tersebut tentu memerlukan pertimbangan matang. ( Badan Pertimbangan Jabatan  dan Kepangkatan ) Baperjakat. Kita perlu melihat apa dampak dari kebijakan tersebut, terutama dalam konteks transisi ke pemerintahan baru" jelas QNS mantan plt Kepala Badan Pemerintahan Desa kab Morowali  ini.


Ia juga menekankan bahwa kebijakan semacam itu seringkali menimbulkan keraguan di kalangan masyarakat mengenai integritas prosesnya. 


"Dalam konteks tata kelola pemerintahan yang baik, (GOOD GOVERNANCE ), transparansi dan akuntabilitas menjadi kunci utama. Pemerintah harus bisa menjelaskan kepada publik mengapa keputusan tersebut diambil," tambahnya.


QNS mengajak semua pihak untuk melihat isu ini tidak hanya dari perspektif hukum, tetapi juga dari sudut pandang etika pemerintahan. 


Kata alumni Program pasca Sarjana  Magister Adm Pemerintahan Daerah ini,  "Pertanyaannya bukan hanya apakah mereka 'boleh' melakukannya, tetapi apakah mereka 'seharusnya' melakukannya? Apakah tindakan tersebut mencerminkan tata kelola yang baik dan bertanggung jawab?"


Terkait dampak dari pelantikan tersebut, QNS mengungkapkan kekhawatirannya terhadap potensi konflik kebijakan di masa depan. 


"Pejabat yang dilantik di akhir masa jabatan bisa saja memiliki visi yang berbeda dengan kepala daerah atau gubernur yang baru. Hal ini tentu bisa menimbulkan ketidakseimbangan dalam pelaksanaan kebijakan pemerintahan," tuturnya.


Qodratullah Natsir Sinta yang sedang menyelesaikan program Doktor nya di salah satu Universitas ternama di Jakarta, menutup pendapatnya dengan harapan bahwa pemerintah daerah dan provinsi dapat lebih bijaksana dalam mengambil keputusan, khususnya yang berkaitan dengan pelantikan pejabat. 


"Harapannya, setiap keputusan yang diambil benar-benar berdasarkan pada pondasi kepentingan masyarakat, bukan semata-mata kepentingan politik atau kelompok tertentu," pungkas Ketua Forum Komunikasi Bela Negara provinsi Sulawesi Tenggara ini. (*)

×
Berita Terbaru Update