Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tamalaki Pribumi Mekongga Resmi Terbentuk

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Senin, 17 Juli 2023 | Juli 17, 2023 WIB Last Updated 2023-07-17T12:32:47Z

Ketgam: Tamalaki Pribumi Mekongga yang baru saja di lantik.

Kolaka, Sultra Cerdas com -
Setelah digagas dan dibentuk pada tanggal 31 Mei 2023 lalu, Organisasi masyarakat (Ormas) Tamalaki Pribumi Mekongga (TPM) resmi dikukuhkan. 


Pelantikan dan pengukuhan Ormas suku Tolaki Mekongga ini, dihadiri ratusan anggota dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Kolaka, bertempat di area Makam Raja Mekongga Sangia Nibandera, Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako pada Minggu 16 Juli kemarin. 


Ketua TPM Sudarman, SH mengatakan pembentukan Ormas Tamalaki Pribumi Mekongga merupakan wadah anak wonua (Pribumi) dalam menjaga adat-istiadat suku Tolaki-Mekongga. 

Poto : Ketua TPM Sudarman, SH 

"Alhamdulillah kegiatan pelantikan pengurus Tamalaki Pribumi Mekongga berjalan lancar, dan kami Tamalaki Pribumi  Mekongga intinya selalu menjaga adat istiadat dan budaya kami dan suku kami," katanya. 


Selain itu, kata Man sapaan akrabnya, pihaknya juga akan selalu

bersinergis dengan pemerintah dan selalu menaati hukum yg melandaskan Pancasila, dan UUD 1945. Termasuk bekerja sama dengan pihak keamanan TNI-Polri untuk bersama-sama menjaga ketentraman di Wonua slSorume ini dan selalu menjaga hak-hak masyarakat yang sebagaimana mestinya. 


Dan apa bila ada yg mengusik, memaki atau mencela adat-istiadat Suku Tolaki-Mekongga maka pihaknya akan mengambil langkah tegas sesuai dengan hukum adat dan pemerintah.


"Kami akan lawan karna Wonua Sorume ini adalah titisan darah kami kelahiran kami wajar intuk selalu di jaga, sesuai dengan filosofi kami Tabuluito teboto patudu lebirae mate tinayake taawu dari pada onggo monduka bunggu," tegasnya. 


Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak termasuk kepada anggota Tamalaki Pribumi Mekongga yang sudah memberikan kontribusinya dalam menyukseskan kegiatan ini. 


"Semoga kehadiran Tamalaki Pribumi Mekongga akan memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah di Bumi Mekongga tanah leluhur kami," harapnya. 


Sementara itu, ketua Dewan Adat Mekongga H Muh Jayadin mengapresiasi dengan hadirnya Ormas Tamalaki Pribumi Mekongga, semoga kehadiran Ormas Tamalaki Pribumi Mekongga akan membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Kolaka agar semakin maju dan berkembang. 


"Sukses atas pelantikan pengurus Tamalaki Pribumi Mekongga, semoga menjadi organisasi yang bisa mengawal dan menjaga harkat, martabat dan kehormatan Suku Mekongga," pujinya. (Eno) 



×
Berita Terbaru Update