Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sambut Tahun Baru IsIam, Masjid Gembira Gelar Khitanan Mssal Gratis

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 19 Juli 2023 | Juli 19, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T00:26:08Z

Ketgam: Ketua panitia kegiatan khitanan massal gratis Ruslin didampingi Sekdis Kesehatan dr Muh Aris saat melihat proses khitanan yang dilakukan tim medis.

Kolaka, Sultra cerdas com -
Momentum tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah Pengurus Masjid Gembira yang terletak di Jalan Belibis Kelurahan Laloeha, Kecamatan Kolaka menggelar kegiatan sosial khitanan atau sunatan massal gratis dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kolaka dan pemerintah Kelurahan Laloeha, bertempat di halaman masjid Gembira, Rabu (19/7). 


Kegiatan yang di inisiasi sekaligus di sponsori dewan pembina Masjid Gembira  Muh Machrusy Jalan di ikuti puluhan anak.


Ketua Panitia kegiatan Ruslin mengatakan, sebagai langkah awal kegiatan pihaknya membatasi jumlah anak yang akan khitanan hal ini karena jumlah anak yang mendaftarkan diri mencapai ratusan orang. 


"Karena ini merupakan kegiatan awal kami melaksanakan sunatan massal jadi kami hanya bisa menerima 60 anak meskipun yang mendaftar mencapai ratusan anak," katanya saat ditemui media ini. 


Namun, kata Ruslin kegiatan sosial khitanan massa akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam menyambut tahun baru Islam. Bahkan kuota untuk sunatan massal akan lebih banyak dari yang sebelumnya.


Selain itu, anak yang sudah disunat secara gratis juga diberikan sarung, songko, baju, dan uang tunai sebesar Rp 200 ribu. 


"InsyaAllah karena ini sudah menjadi agenda tahunan, kedepannya kami akan melaksanakan kegiatan khitanan massal yang lebih besar lagi. Karena untuk saat ini hanya sebatas di Kelurahan Laloeha saja kedepannya kita akan laksanakan di dua Kecamatan hal ini berdasarkan petunjuk dari dewan pembina Masjid Gembira bapak  Muh Machrusy," ucapnya. 


Dirinya juga mengapresiasi kepada dewan pembina Masjid Gembira yang sangat proaktif melaksanakan kegiatan sosial bagi masyarakat Kabupaten Kolaka tidak hanya kegiatan sunatan massal akan tetapi kegiatan sosial lainnya sering dilaksanakan. 


"Semua kegiatan ini dapat terselenggara atas perhatian dan kontribusi dari bapak Machrusy sehingga semua kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini terkhusus bagi tenaga medis sehingga semua terlaksana dengan aman dan lancar," tutupnya. 


Sementara itu, Sekdis Kesehatan Kolaka dr Muh Aris mengatakan, dalam kegiatan tersebut sedikitnya melibatkan delapan tenaga specialis khitan dibantu beberapa petugas medis lainnya. 


Adapun teknik khitanan menggunakan dua cara yakni cara manual dan teknik laser, namun kedua metode tersebut sama saja hanya yang manual masih menggunakan gunting sedang teknik laser menggunakan alat khsusus. 


"Alhamdulillah semua kegiatan berjalan aman dan lancar," singkatnya. (Eno). 




×
Berita Terbaru Update