Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keluarga Besar ANTAM UBPN Kolaka Menyalurkan Paket Qurban Dengan Ramah Lngkungan

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Kamis, 29 Juni 2023 | Juni 29, 2023 WIB Last Updated 2023-06-30T02:43:38Z


Kolaka,
 Sultra cerdas com - Penyaluran daging qurban yang dilakukan Keluarga Besar  PT Aneka Tambang (ANTAM) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka tahun ini dikemas berbeda. Pasalnya untuk momentum hari Raya Idul Adha tahun ini, pihak panitia penyelenggara tidak lagi memberikan paket daging qurban kepada masyarakat menggunakan kantong plastik, hal ini dilakukan guna menindaklanjuti surat edaran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia nomor : SE. 6/MENLHK/PSLB.3/6/2023 Tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik. 


Ketua panitia penyembelihan hewan kurban keluarga besar PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka Edi Astin mengatakan, penyaluran daging qurban tahun ini, sudah tidak lagi menggunakan kantong plastik, akan tetapi menggunakan box plastik yang bisa digunakan berkali-kali, hal ini dilakukan guna merespon surat edaran dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 


"Jadi berdasarkan intruksi Kementerian LHK tahun ini, kami tidak memakai kantong plastik tetapi memakai box plastik yang bisa digunakan kembali oleh masyarakat, jadi sifatnya bukan sekali pake, sehingga sampah plastik bisa dikurangi volumenya di tengah masyarakat demi terjaganya kebersihan lingkungan," katanya


Adapun, kata Edi proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di dua lokasi, yakni eks gudang II serta areal Masjid Al Ikhlas, kelurahan Kumoro, kompleks PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka. 


"Daging kurban tersebut akan diserahkan kepada masyarakat. Jumlahnya ada 800 paket. Setiap paket terdiri dari 1,5 kilo gram daging sapi dan daging kambing," jelas Edi Astin.



Selain itu, sebelum melaksanakan penyembelihan hewan kurban terlebih dahulu pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan dengan melibatkan pihak dari Dinas Peternakan Kolaka, untuk memastikan kondisi hewan kurban layak disembelih. 


Tak hanya itu, daging kurban yang sudah disembelih juga akan kembali diperiksa daging dan organ perut hewan tersebut sebelum disalurkan kepada masyarakat.


Sementara itu, Business Support Senior Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro mengatakan bahwa daging tersebut berasal dari 23 sapi dan 5 ekor kambing kurban milik karyawan ANTAM UBPN Kolaka serta mitra kerja ANTAM. 


Dia menyebut, partisipasi kurban keluarga besar ANTAM setiap tahunnya juga terus meningkat. Hal ini menunjukkan kepekaan dan solidaritas Insan ANTAM terhadap kondisi sosial masyarakat di sekitarnya juga terus meningkat," ucapnya. 


Dia berharap, daging kurban tersebut dapat membantu pemenuhan masyarakat akan kebutuhan daging di tengah tekanan ekonomi. 


" Harapannya, daging kurban ini dapat membantu masyarakat merayakan lebaran Idul Adha tahun dengan penuh suka cita," tambahnya. (Eno)

×
Berita Terbaru Update