Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BPS Kolaka Gelar Pelatihan Susenas dan Seruti

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Minggu, 12 Februari 2023 | Februari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-02-12T12:23:54Z

Ketgam: Kepala BPS Kolaka Ade Ida Mane saat membuka pelatihan Susenas dan Seruti

Kolaka, Sultra cerdas com -
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka menggelar pelatihan petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2023 dan Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti) tahun 2023, yang dilaksanakan mulai 12-14 Februari 2023 untuk gelombang I dan 15-17 Februari 2023 untuk gelombang II, bertempat di salah satu hotel di Kolaka.


Kepala BPS, Kolaka Ade Ida Mane mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi petugas mengenai konsep, dan definisi yang digunakan serta Standar Operasional Prosedur (SOP) dari setiap tahapan, saat pemuktahiran maupun tahapan pencacahan lapangan baik pada pelaksanaan Susenas Maret yang akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2023 dan Seruti dilaksanakan setiap triwulanan.


“Harapannya semua petugas bisa mengikuti pelatihan ini dengan disiplin dan menyerap materi yang diberikan oleh instruktur nasional (Innas) dengan cara komunikasi dua arah dan menyimak Innas saat memberian contoh-contoh kasus lapangan yang sering terjadi dilapangan untuk menambah wawasan petugas khususnya petugas baru sehingga kegiatan Susenas dan Seruti Maret tahun 2023 ini bisa berjalan baik dan sukses," kata Ade Ida Mane saat dtemui media ini, usai pembukaan pelatihan Susenas dan Seruti, Minggu (12/2).



Dijelaskannya, bahwa Susenas dan Seruti merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi yang memiliki peran penting dalam proses perencanaan maupun evaluasi pada program pembangunan nasional, sektoral (Kementerian/Lembaga) dan sekaligus menjadi penyedia indikator penting seperti SDG’s, RPJMN dan Nawacita. 


Olehnya itu, ia menekankan kepada petugas Susenas dan Seruti agar melakukan probing sedetail mungkin pada seluruh kondisi di lapangan dan menuliskan dengan tepat dalam instrumen kuesioner dan daftar yang ada baik saat pemuktahiran door to door maupun pada saat pencacahan lengkap. 


"Kami mengharapkan partisipasi masyarakat yang menjadi responden untuk menerima petugas pendata dan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya," harapnya. 


Untuk diketahui, pelatihan gelombang I diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 12 orang PCL dan 6 orang PML Susenas sedangkan petugas Seruti terdiri dari 5 orang PCL dan 2 orang PML. Kemudian untuk pelatihan gelombang II akan diikuti oleh 27 peserta yang terdiri dari 10 orang PCL dan 5 orang PML Susenas dan petugas Seruti terdiri dari 8 orang PCL dan 4 orang PML. Dari total keseluruhan 35 orang PCL tersebut semuanya adalah mitra pilihan terbaik BPS Kabupaten Kolaka, sedangkan PML terdiri dari 4 orang mitra dan 13 Orang organik BPS Kolaka. (Eno). 


×
Berita Terbaru Update