Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetapkan RKPDes Tahun 2023, Pemdes Wawonggura Gelar MusrenbangDes

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Kamis, 26 Januari 2023 | Januari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-01-27T07:29:22Z

ketgam : Pemdes Wawonggura saat melaksanakan MusrenbangDesa dan penentuan RKPDes

Konsel,
Sultra Cerdas Com.
Pemerintah Desa Wawonggura, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan Kembali melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes), dalam Menetapkan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.bertempat di balai Desa Wawonggura, Jum'at, (27/1/2023)


Pelaksanaan kegiatan Tersebut adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan  Pemerintahan Desa (Pemdes)  Wawonggura yang turut dihadiri  oleh Pemerintah Kecamatan Palngga, Babinsa, Babinkamtibmas,BPD dan Masyarakat. 


Dalam pelaksanaan kegiatan RKPDEs ini membahas terkait Skala Prioritas untuk pengalokasian Anggaran Dana Desa Tahun  2023. Berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa bahwa desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam ketetapannya. 


Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Camat Ahmad Ruanto Polingay, S.Si dalam penjelasannya menyampaikan  bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes)  adalah menetapkan Rencana Kegiatan Pembagunan Desa (RKPDes) dalam setahun serta Pemerintah Desa mempunyai Kewenangan dalam mengusulkan serta menetapkan APBDes yang menjadi Skala Prioritas dan nantinya di verifikasi bersama-sama oleh Tim Desa serta Tim Teknis dari Kecamatan, serta menentukan kelayakan berdasarkan hasil di lapangan.


"  Untuk rogram Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023 diganti menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem Meski nilai bantuannya masih sama, tetapi jumlah penerimanya akan berkurang. Dari maksimal ke minimal itupun kita lihat kelayakannya sesuai yang di persyaratkan." Pungkasnya 


Sementara itu, Kepala Desa Wawonggura  Sarianto mengatakan untuk tahun ini kita Maksimalkan, serta pemberian bantuan contohnya  Program RTLH, BLT itu kita atur sebaik mungkin mana yang layak untuk kita bantu dan semua akan kita Verifikasi secara faktual


Serta, Kata Sarianto melibatkan Tim Desa maupun Tim Kecamatan dan  Pendamping Desa, dan ini kita lakukan secara menyeluruh. Rapat tersebut ini saya kembali bertanya apakah ini sudah dapat disetujui oleh semua peserta rapat? maka di jawab secara antosias oleh Masyarakat   " setuju " membuat ruang rapat di warnai tawa dan tepuk tangan.




Laporan. Bung Her

×
Berita Terbaru Update