Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sukses Digelar, Safei Minta Ritual Adat Mosehe Wonua Terus Dilestarikan

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Minggu, 20 November 2022 | November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T11:32:39Z

Ketgam: Bupati Kolaka  H Ahmad Safei, SH, MH didampingi Wabup Kolaka H Muh Jayadin, SE, ME saat menghadiri kegiatan ritual adat Mosehe Wonua.

Kolaka, Sultra cerdas com -
Masyarakat adat Suku Tolaki Mekongga sukses menggelar ritual adat Mosehe Wonua (Penyucian Negeri) yang dihadiri Raja Mekongga, Bupati Kolaka, Wakil Bupati Kolaka, Forkopimda, pimpinan OPD, tokoh adat, serta ratusan masyaraka, bertempat tdi makam Raja Mekongga Sangia Nibandera Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako Minggu (20/11).


Bupati Kolaka H hmad Safei dalam sambutanya menekankan pentingnya memelihara dan melestarikan adat dan budaya, sebab kata dia keberagaman adat budaya merupakan ciri khas dari negara indonesia yang harus tetap dilestarikan.

 

"Ini yang harus terus kita pelihara kita sudah sepakat yah bahwa kita setiap tahun adakan Mosehe disini mau seperti apa itu pelaksananya, yah itu tugas kita untuk melestarikan budaya wonua mekongga ini seperti apa yang kita harapkan saya kira," katanya. 


Memelihara dan melestarikan yang dimaksud kata Safei adalah bagaimana peran pemuda dalam menjaga dan melestarikan budayanya, salah satu contohnya dengan menjaga literatur atau sejarah asal muasal nenek moyang dengan cara mendokumentasikan dalam bentuk tulisan jejak-jejak peninggalan sejarah kerajaan Mekongga sehingga dapat diteruskan kepada generasi pelanjut.

ketgam : Mosehe Wonua

"Saya dengar ini dari omku dari bapakku jadi tidak ada acuannya yang punya kemampuan yah menulislah itu, mendokumentasikan semua peristiwa supaya itu menjadi acuan anak-anak kita selanjutnya referensinya dari tokoh-tokoh adat yang ada disini saya minta mari kita dorong teman-teman saya kira yang di perguruan tinggi ini banyak orang-orang yang punya kemampuan yang dapat menulis itu supaya betul-betul menjadi acuan buat kita, "harapnya.


Bupati dua periode itu menambahkan selama ini cerita sejarah yang dibuatkan dalam bentuk tulisan hanya berdasarkan sumber-yang kurang relevan dengan apa yang sebenarnya terjadi di bumi mekongga olehnya itu ia berharap ada yang bisa membuat penelitian dan dibuat dalam bentuk buku sejarah Mekongga.


"Selama ini kita hanya berdasarkan kepada tulisan-tulisan yang dibuat dari prof-prof yang ada di luar tetapi sebenarnyabeberapa ada perbedaan terkhusus suku Mekongga yang ada disini ( Kolaka)," tutupnya. 


Untuk diketahui Ritual Mosehe Wonua dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Kolaka tepatnya di Makam Raja Sangia Nibandera Pelaksanaan ritual Mosehe Wonua tahun ini dilaksanakan selama dua hari , hari pertama dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Adat Mekongga, dan keesokan harinya dilanjutkan dengan prosesi penyucian negeri atau Mosehe Wonua. Biasanya Perayaan Mosehe Wonua selalu dihadiri oleh ratusan warga dan lembaga adat suku mekongga dengan cara berziarah, dan memotong kerbau sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. (3no). 



×
Berita Terbaru Update