Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dewan Siap Kawal Penerimaan Tenaga Kerja Lokal Di PT Vale

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Selasa, 29 November 2022 | November 29, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T04:24:49Z

Foto: Anggota DPRD Kolaka Firlan Muharram Alimsyah, S. Pd

Kolaka,
Sultra Cerdas com-
Dengan telah di lakukannya ground breaking atau terobosan untuk pembangunan pabrik smelter oleh PT Vale Indonesia pada Minggu 27 November kemarin, tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat dan daerah, terutama dalam penerimaan tenaga kerja lokal. 


Apalagi berdasarkan data dari pihak PT Vale kisaran penerimaan tenaga kerja lokal mencapai 12 ribu orang yang akan mulai dilakukan perekrutan pada awal tahun 2023 mendatang. 


Melihat peluang tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka akan terjun langsung melakukan pengawalan dalam proses perekrutan nanti. 


"InsyaAllah kami dari legislatif akan mengawal penerimaan tenaga kerja lokal agar masyarakat Kabupaten Kolaka menjadi prioritas saat penerimaan nanti," kata anggota DPRD Kolaka Firlan Muharram Alimsyah saat ditemui media ini, Selasa (29/11). 


Dikatakannya, Dewan mengapresiasi adanya kegiatan Ground breaking PT Vale, karena hal tersebut merupakan langkah awal proses pembangunan smelter, yang tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Kolaka. 


Apalagi sejak lama masyarakat Kabupaten Kolaka menantikan pembangunan smelter tersebut. 


"Kami sangat berharap penerimaan 12 ribu tenaga kerja lokal ini mampu meretas angka kemiskinan yang saat ini di Kabupaten Kolaka," ucapnya.


Apalagi, kata ketua Pemuda Muhammadiyah Kolaka ini, berdasarkan data angka kemiskinan di Kabupaten Kolaka masih berada di angka 12,43 persen. Belum lagi data angka pengangguran di tahun 2021 mencapai 3,62 persen. Sehingga dengan kehadiran pabrik smelter PT Vale di Bumi Mekongga akan meretas angka kemiskinan, sebab perekrutan tenaga kerja lokal cukup besar. 


"Jadi terkait persoalan ini kami mengingtkan kepada Pemda dan DPRD  bawah kondisi tersebut harus menjadi perhatian kita bersama agar kehadiran pabrik smelter PT Vale bisa mensejahterakan masyarakat. Apalagi sudah satu dekade masyarakat menantikan pembangunan smelter tersebut," jelasnya.


Olehnya itu, kader muda PKS ini berharap agar dengan kehadiran PT Vale yang sudah cukup lama di nantikan PT Vale mampu menghapuskan dahaga masyarakat Kabupaten Kolaka yang sejak lama merindukan kehadiran pabrik PT Vale bisa membawa angin segar, sehingga masyarakat Kabupaten Kolaka semakin sejahtera. 


"Kami berharap juga agar Pemda dan legislatif diberikan kemampuan untuk mengawal proses penerimaan tenaga kerja lokal sehingga pihak terkait harus kompak mengawal proses penerimaan tenaga kerja agar supaya perputaran roda ekonomi dan angka kemiskinan kita juga bisa menurun. Apalagi ditahun ini Kabupaten Kolaka masuk dalam angka tiga besar peningkatan perekonomian di wilayah Sulawesi cukup tinggi. Saya juga selalu ketua pemuda Muhammadiyah Kolaka menginginkan agar pemberdayaan pemuda di Kabupaten Kolaka bisa mendapatkan kesempatan akan. Olehnya itu, kami juga berharap agar para pemuda menyiapkan diri dengan menyiapkan skil yang dimiliki," harapnya. (3no). 



×
Berita Terbaru Update