Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kepala BPN Koltim Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kantor Bupati Kolaka Timur

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 26 Oktober 2022 | Oktober 26, 2022 WIB Last Updated 2022-10-26T14:35:49Z

ketgam : Bupati kolaka Timur Abd Azis (tengah pakai songkoh) dan kepala BPN Koltim Ilmiawanm (sebelah kiri)

Koltim, Sultra cerdas com -
Pemerintah  Daerah Kabupaten Timur  menerima kunjungan kerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Koltim, bertempat  di Lantai dua  Aula Kantor  Bupati Koltim. Rabu, (26/10/2022) 


Tirut hadir dalam Pertemuan ini yaitu  Plt. Bupati Kolaka Timur, Abd. Azis,  dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Koltim, Ilmiawan, S.T M.eng  turut, Sekda Koltim, para pimpinan OPD, asisten, Camat, Kapolsek Rate-Rate atau yang mewakili, Danramil 1412-01 Tirawuta atau mewakili dan pihak-pihak terkait lainya.


Pertemuan ini dilakukan  dalam rangka membahas pengelolaan Arsip tanah untuk menjamin pelayanan publik prima di Koltim. mulai dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL), lahan yang bersengketa, lokasi yang rawan banjir termasuk tanah yang masuk sebagai sumber PAD.


" Saya berharap agar arsip pertanahan dapat dikelolah dengan baik untuk mengurangi konflik sengketa tanah. dimana sering terjadi konflik pada lahan yang dianggap memiliki nilai yang dapat menguntungkan." harap Abd Azis 


Melalui  dukungan BPN, kita bisa bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan tanah yang tadinya  bersengketa bisa menjadi tanah yang memberikan pergerakan nilai ekonomi.



Disebutkannya, Selama ini  sering terjadi Konflik terkait  masalah Tanah, karena disitu ada nilai yang dapat menghasilkan uang, sehingga sekalipun tanah itu luasnya hanya sejengkal, dapat menimbulkan suatu 


" Untuk itu sengketa tanah dapat diminimalisir, terutama  arisp tanah yang harus ditertibkan," ujarnya 

Poto : Ilmiawan kepala BPN.Koltim


Ditempat yang sama Kepala BPN Koltim, Ilmiawan mengatakan bahwa  terkait adanya  tanah yang tumpang tindi, telah diatur dalam Peraturan  Pemetintah  (Permen) ATR baru.  Walaupun kata dia, disitu masih sedikit menggantung, namun telah disampaikan apabila terjadi hal demikian akan ditindak lanjut



Terkait dengan target program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap  diakhir tahun 2022 ini.  sebenarnya ada 2.000 Sertifikat,  namun ada yang terblokir 300  setelah itu ada penambahan lagi sehingga kembali naik  menjadi 1.900. dari itu  sertifikat yang terbit mungkin sudah ada srkitar 1.500 dan itu kami sudah dapat intruksi dari Kementerian terkait penyerahannya.


Dikatakannya, tugas utama yang diberikan Kakanwil di  Koltim, termasuk untuk mengurus  masalah status  Bendungan  di Pelosika untuk tahun depan.


" Meskipun saya berasal dari luar bukan orang Koltim namun, niat hati dan jiwa   akan saya  curahkan untuk Koltim yang kita cintai ini ,"pungkasnya



Laporan  : M4r






×
Berita Terbaru Update