Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Perkebunan dan Hortikultura Koltim Hadiri Pesta Panen di Simbune

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Minggu, 25 September 2022 | September 25, 2022 WIB Last Updated 2022-09-26T04:07:02Z

ketgam : Lasky Paemba (baju putih) saat menghadiri acara pesta panen di Simbune

Koltim, Sultra cerdas com -
Sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan yang maha Esa, Masyarakat Desa Simbune, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur gelar  Pesta panen yang merupakan kegiatan  rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian tradisi adat tolaki" mosehe" Minggu 25/9/2022. 


Hadir dalam kegiatan tersebut kepala dinas perkebunan dan hortikultura koltim, lasky paemba, kepala dines perkebunan dan peternakan, Hamdi, anggota DPRD Kolaka timur, Bahrul S, HUT, dan para petani khususnya sumbune dan desa lalingato.


Dalam sambutan kepala dinas perkebunan dan hortikultura, lasky paemba, mengungkapkan bahwa

Kolaka timur yang paling potensial adalah pertanian, sektor ini yang bisa mensejahterakan masyarakat.


"  Jika dikelola dengan baik dan profesional. Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk membangun sektor pertanian, karna koltim tidak ada tambang dan laut." Ucapnya


Lanjut lasky, untuk menekan laju inflasi atau peningkatan harga-harga yang sekarang yang tidak terkendali seperti BBM dan lain-lain, yang di genjot adalah sektor pertanian, seperti yang di ungkapkan presiden kita.


" Kita di anjurkan untuk tanam cabe, bawang merah karna sektor inilah yang bisa menekan laju inflasi, cabe cuma 71 hari sudah panen, tidak menunggu lama untuk petik hasil. Namun tidak dipungkiri juga Haraga selalu turun naik juga.sebagai pahlawan pangan, petani prinsipnya Jagan kita berhenti menanam dan jangan berhenti produksi." ujar Lasky 


Mengakhiri sambutanya, ia  mengajak masyarakat desa simbune dan lalingato  untuk mengembangkan kawasan buah buahan atau kawasan perkebunan. Nanti kami bersama kadis pertanian dan kadis tanaman pangan menyampaikan ke bupati yang  mana yang diinginkan masyarkat.


Diketahui Pesta panen yang sudah sering dilakukan  di desa simbune, jauh sebelum Kolaka timur mekar. masyarakat petani sudah sering lakukan Hinga saat ini.


 Namun, pesta panen kali ini dilakukan dengan sederhana, karna kondisi  hasil pertanian sudah tidak seperti tahun- tahun sebelumnya. Dan yang  paling diharapkan saat ini adalah perbaikan  inprastruktur jalan.Sebab saat ini jalan nya sudah sangat memprihatinkan. (Tito)

×
Berita Terbaru Update