Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kampung Ramadhan Di Tribun Konggoasa Kolaka, Hidupkan Perekonomian Pelaku UMKM Kolaka

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 20 April 2022 | April 20, 2022 WIB Last Updated 2022-04-21T01:41:31Z

Ketgam: Suasana Kampung Ramadhan di pelataran tribun lapangan Konggoasa kota Kolala yang selalu dipadati pengunjung saat menjelang berbuka. (Ist).
Kolaka, Sultra cerdas com- Sejak di buka pada tanggal 11 April lalu, Kampung Ramdhan yang di inisiasi Kodim 1412 Kolaka bersama komunitas Konggoasa kreatif rupanya berdampak positif bagi perekonomian khususnya bagi pelaku usaha kecil yang berjualan di area tribun lapangan Konggoasa Kota Kolaka. 


Ketua komunitas Konggoasa Kreatif Adriyan Dwi Perkasa mengatakan, kegiatan kampung Ramadhan yang sudah berlangsung sejak tanggal 11 April sampai 29 April sudah membantu para pelaku UMKM. Sebab dengan adanya Kampung Ramadhan pelaku UMKM bisa berjuang tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menyewa lokasi. 


"Allhamndulilah ada sekitar 40 pelaku UMKM mereka difasilitasi dan kebetulan ini inisiasi dari bapak Dandim Kolaka kemudian memanggil kami anak muda Kolaka yang tergabung dalam komunitas Konggoasa kreatif untuk bekerjasama membuat kegiatan yang dikemas dalam Kampung Ramadhan. Jadi untuk para pelaku UMKM tidak sama sekali dibebankan untuk biaya masuk menjual semua gratis karena kita ingin membantu para pelaku UMKM apalagi di bulan Ramadhan ini," katanya saat dihubungi media ini, Rabu (20/4). 


Bahkan kata Adriyan setiap harinya para pelaku UMKM meraup keuntungan ratusan ribu rupiah. Sehingga berdampak positif bagi pendapat mereka. Apalagi jumlah pengunjung setiap harinya mencapai ratusan orang. 


"Setiap hari itu pengunjung mencapai 100 sampai 300 orang. Kita buka mulai jam 5 sore sampai sekitar jam 12 malam dengan beraneka ragam jenis makanan yang dijual. Dan Allhamdulilah semua jualan selalu laku terjual, dengan omset rata-rata penghasilan para UMKM setiap hari itu mencapai Rp 400-500 ribu jadi sangat membantu para UMKM dengan adanya kampung Ramadhan ini," akuhnya. 


Melihat kondisi tersebut, lanjut Adriyan pihaknya berencana kedepannya akan mematenkan lokasi tersebut untuk selalu dijadikan tempat usaha para pelaku UMKM tidak hanya pada saat bulan Ramadhan saja. 


"InsyaAllah kami juga akan tetap lanjutkan dan kita akan patenkan agar pelaku UMKM memiliki tempat untuk membuka usahanya. Kita juga akan menyimpan lokasi bagi para pelaku seni, pelaku olahraga sehingga kita akan pusatkan sehingga nantinya akan ada kegiatan di lokasi ini," jelasnya. 


Dirinya juga berharap agar pihak terkait termasuk pihak BUMN bisa memfasilitasi para UMKM untuk menyimpan lokasi, karena masih banyak lokasi strategis yang ada di dalam kota Kolaka yang letaknya stategis akan tetapi belum digunakan. 


"Harapan kami semoga tidak hanya pihak Kodim saja yang memiliki inisiatif akan tetapi pihak terkait seperti pemerintah dan BUMN untuk bisa membuka kawasan-kawasan bagi pelaku usaha tidak hanya di tribun Konggoasa ini karena masih banyak sarana prasarana yang ada namun belum dimanfaatkan," harapnya. (3NO). 


Komunitas Konggoasa Kreatif 




×
Berita Terbaru Update