Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPRD Koltim Gelar Paripurna Penyerahan Dua Raperda

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Rabu, 06 April 2022 | April 06, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T11:20:37Z

ketgam : Raperda penyerahan dua Raperda 

Koltim,
Sultra cerdas com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar Rapat Paripurna penyerahan atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), bertempat di Aula DPRD Koltim, Rabu (6/4/2022).

Penyerahan dua Raperda ini untuk merubah bentuk badan hukum Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kolaka Timur.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Koltim Sulwan Aboenawas yang diwakili oleh Asisten I Arisman mengatakan pembentukan Raperda tentang air minum dan Perusahaan Daerah Aneka Usaha, dibentuk berdasarkan implikasi yuridis Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan bahwa Perusahaan Daerah (Perusda) harus berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda).

“Sehingga perlu dilakukan revisi terhadap kedua Perda Kabupaten Kolaka Timur Nomor 8 Tahun 2018 tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” kata Arisman.


“Dan Perda Kabupaten Kolaka Timur Nomor 9 Tahun 2018 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha Kabupaten Kolaka Timur. Kedua Perda tersebut dianggap tidak relevan lagi digunakan sebagai payung hukum,” imbuhnya.

Arisman mengatakan, kedua perusahaan tersebut dalam menjalankan kegiatan usahanya di Kabupaten Kolaka Timur karena masih mengacu pada Undang – Undang yang sudah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi yaitu Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah.


“Dengan adanya perubahan dasar hukum mengenai badan usaha milik daerah khususnya pada kedua Perda tersebut perlu dilakukan penyesuaian atau penyempurnaan melalui Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Timur,” ungkapnya.

Tujuan perubahan bentuk badan hukum kedua perusahaan tersebut adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan pembangunan daerah di segala bidang serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.


“Untuk itu besar harapan kami DPRD Kabupaten Kolaka Timur bersama sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim melalui perangkat daerah terkait dapat bersinergi dan aktif dalam pembahasan Raperda ini sehingga pada penetapannya nanti Perda ini sesuai dengan asas asas peraturan perundang undangan yang baik,” harap Arisman.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Koltim yang telah melaksanakan Rapat Paripurna pada hari ini untuk penyerahan dan penjelasan beberapa Raperda, baik Raperda inisiatif pemerintah daerah maupun DPRD,” imbuhnya. (Mar)


×
Berita Terbaru Update