Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wujudkan SPBE, Plt Kadis Kominfo Komitmen Membangun Daerah Yang Transparan dan Inovatif

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Senin, 21 Maret 2022 | Maret 21, 2022 WIB Last Updated 2022-03-22T06:55:15Z

Kendari, Sultra cerdas com- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konawe Selatan (Konsel) salah Satu ujung tombak suksesnya pembangunan yang dikomandoi oleh Bupati Surunuddin Dangga. 


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Konsel, Hidayatullah berkomitmen  untuk mewujudkan pembangunan daerah yang transparan dan informatif. 


Upaya itu dapat diwujudkan melalui penerapan sistim pemerintahan berbasis eletronik (SPBE). Kabupaten Konsel menjadi  Kabupaten pertama di Sultra yang menggunakan Data Center Nasional (DCN) Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam penyelenggaran SPBE.


"Kami berharap kedepan Kabupaten Konsel  semakin informatif dan transparan dalam konteks good governance," ujar Hidayatullah kepada Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin saat berkunjung di Graha Pena Kendari Pos, Senin (21/03) kemarin.


Menurut mantan kepala DPM-PTSP Konsel ini,  kunci sukses mewujudkan pemerintahan yang bersih itu adalah soal transparansi dan komunikatif. 


"Nah kesemua itu diukur dengan SPBE. Jadi masyarakat itu tahu apa yang dilakukan pemerintah daerah sehingga mereka bisa membantu dan turut berpartisiasi dalam mensukseskan pembangunan daerah," kata Hidayatullah.


Oleh karenanya, untuk memaksimalkan impementansi SPBE sebagai mana harapan Pemkab dalam menuju daerah Smart City atau kabupaten berbasis eletronik maka dibutuhkan instrument.


"Instrument itu misalnya komunikasi dan informatika, website Pemda, aplikasi pengaduan masyarakat, dan semua informasi pembangunan daerah. Semua itu sudah mulai diterapkan," terang Hidayatullah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Konsel, Rony Sastal usai bertandang di Kendari Pos kemarin.


Disisi lain, peran Kominfo sebagai corong informasi disetiap daerah harus ditingkatkan. Khususnya dalam memberikan dan menyebarluaskan informasi pembangunan daerah.


"Itu tugas Kominfo. Kemudian ada hal-hal yang menjadi tanggungjawab bagi Kominfo. Misalnya setiap berita-berita informasi Pemda yang akan disampaikan ke publik kita harus telaah, karena pemahaman masyarakat kadang berbeda, jadi harus telah supaya masyarakat tidak salah persepsi. Untuk itu kami memilih Harian Kendari Pos sebagai salah satu media massa yang tepat untuk mempublikasikan kinerja pembangunan daerah Konsel," ungkap Hidayatullah.


Hidayatullah menambahkan, melalui SPBE ini juga adalah komitmen Pemkab Konsel dalam mengaplikasikan penerapan teknologi informasi dan kumunikasi (TIK).


"Agar tercipta Pemerintahan Daerah yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan daerah," pungkasnya.


Sementara itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin menambahkan, Kendari Pos siap mendukung program kerja Pemkab Konsel dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah. Kendari Pos selalu terbuka dengan elemen manapun dalam mendukung pembangunan daerah, termasuk Kabupaten Konsel. 


"Kabupaten Konsel punya sumber daya alam dan potensi komuditas unggulan. Semua itu modal pembangunan daerah. Kendari pos siap mengambil peran dalam pembangunan Konsel,"ujar Irwan Zainuddin yang didampingi Pemred Kendari Pos Inong Saputra dan Manager Iklan Awal Nurjadin.

×
Berita Terbaru Update