Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sikapi Instruksi Kemendagri, Taufik Sungkono Dorong DPRD Percepat Pemilihan Wakil Bupati Koltim

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Jumat, 26 November 2021 | November 26, 2021 WIB Last Updated 2021-11-26T13:36:30Z

Taufik Sungkono,SH
Koltim, Sultra cerdas com- Kemendagri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara selaku wakil pemerintah pusat di daerah, telah memerintahkan kepada DPRD Kolaka Timur untuk membentuk Panitia Khusus (pansus) pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur.


Sesuai dengan  surat perintah Kemendagri tertanggal 10 November 2021,  agar DPRD Kolaka Timur segera melakukan konsolidasi politik baik secara vertikal maupun horizontal guna percepatan pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur. 


" Surat tersebut telah beredar luas di masyarakat, tidak ada yang perlu ditutupi dan telah menjadi atensi serius pemerintah pusat." kata Taufik Sungkono dalam siaran persnya  di Kendari, Selasa (23/11/2021)


 Direktur Forum Rakyat Penegak Hukum Sultra (FORAK-Sultra) Taufik Sungkono,SH  selaku pemuda Koltim mengatakan, masyarakat Koltim menyambut baik berkenaan dengan komitmen Kemendagri untuk mempercepat pemilihan Wakil Bupati Koltim. 


Oleh karenanya, kami minta DPRD Koltim menerjemahkan instruksi Kemendagri tersebut dengan langkah-langkah politik yang terukur, transparan dan kredibel.


Menurut pengacara muda ini,  Kemendagri telah menjelaskan secara detail berupa landasan hukum sebagai topangan DPRD Koltim ketika menerjemahkan dalam bentuk aksi pembentukan Pansus Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur. 


" Regulasinya jernih, mulai dari UU 23/2014 sampai UU MD3 dan Tatib DPRD. Narasi hukumnya terang-benderang." jelasnya 


Secara tersurat dan tersirat Kemendagri mengirim pesan kepada Gubernur Sultra, Plt. Bupati Koltim, DPRD Koltim dan Parpol pengusung agar berkonsolidasi guna percepatan pengisian jabatan Wakil Bupati Koltim. 


Lebih lanjut, menurut fungsionaris DPD KNPI Sultra  ini menjelaskan bahwa secara administrasi ketatanegaraan pembentukan Panitia Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur sangat tergantung kepada unsur pimpinan DPRD Kolaka Timur.


 Itikad politik harus dimulai oleh pimpinan DPRD agar melakukan konsolidasi ke internal DPRD. Saya tahu suasana kebatinan Anggota DPRD Koltim, mereka pasti sejalan dengan keinginan masyarakat Koltim agar pengisian jabatan Wakil Bupati Koltim dipercepat. 


" Saya mencermati dinamika di masyarakat setelah keluarnya surat Kemendagri, ada haru, harapan kepastian, menjawab spekulasi yang berkembang selama ini, seolah pemilihan Wakil Bupati Koltim diundur atau ditunda." kata pria sapaan ufik 


 Melalui surat Kemendagri tersebut, masyarakat Koltim berharap awal tahun 2022 Kolaka Timur memilik Wakil Bupati yang defenitif yang terpilih melalui proses politik yang berintegritas.


Selanjutnya menurut mantan demonstran kampus ini mengatakan, masyarakat Koltim akan mengawal seluruh proses pemilihan Wakil Bupati nanti dengan suasana hati gembira, tanpa sekat politik dan kepentingan. 


" Kami akan menyambut  baik dan menghormati setiap tahapan pemilihan Wakil Bupati Koltim. Kami menyerahkan sepenuhnya kepada wakil-wakil kami di DPRD Koltim. Sejauh ini, mereka masih teguh terhadap janji yang disampaikan kepada masyarakat Koltim saat Pilcaleg lalu. Semoga mereka tidak berubah." harapnya 


Sambungnya, menurut pemuda penyuka olahraga Motor Trail ini, karena yang terpenting adalah proses politik dan hasil ( yang terpilih) mendapatkan legitimasi publik, sehingga setelah selesai proses pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur tidak menyisahkan riak hukum dan politik serta gejolak sosial 


 Itu sebabnya, kami menaruh harap kepada Plt. Bupati Koltim dan DPRD Koltim tidak mengabaikan aspirasi masyarakat Koltim kaitannya dengan percepatan pemilihan Wakil Bupati Koltim.


"  Saya juga berharap, kedepan siapapun yang akan terpilih nantinya menjadi Wakil Bupati  mari kita dukung, kita sambut dan kita saling merangkul satu sama lain untuk bersama membagun daerah yang kita cintai bersama tentunya agar daerah kita dapat maju, berkembang dan setara dengan daerah-daerah lainya, Tutupnya.(*)

×
Berita Terbaru Update