Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Paham Radikalisme, Kodim 1412 Kolaka Gelar Pembinaan Komsos

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Kamis, 04 November 2021 | November 04, 2021 WIB Last Updated 2021-11-04T12:12:14Z

 

Ketgam: Kodim 1412 Kolaka saat menggelar kegiatan pembinaan komunikasi sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme atau separatisme kepada masyarakat dan pelajaran.

Kolaka, Sultra cerdas com- Guna mencegah paham radikalisme dan separatisme, Kodim 1412 Kolaka kembali melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme atau separatisme semester II tahun anggaran 2021 dengan tema meneguhkan toleransi mencegah radikalisme. 


Kegiatan yang dipusatkan di aula kantor Koramil Wundulako perwakilan dihadiri tokoh perempuan, tokoh masyarakat dan pelajar dari SMA Negeri 1 Wundulako, Kamis (4/11). 


Perwira penghubung Kolaka Utara Mayor Sukastriyanto sekaligus pemateri kegiatan mengatakan, kegiatan pembinaan Komsos merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap dua tahun sekali yang bertujuan mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman bagi segenap komponen bangsa yang memiliki kepribadian serta jiwa kebhinekaan tunggal ika guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI. 


"Jadi tujuan kegiatan ini terciptanya sinergitas TNI-Polri aparatur pemerintah dengan melibatkan komponen masyarakat dalam upaya mencegah berkembangnya paham radikalisme dan separatisme di wilayah," Katanya. 


Dijelaskannya, paham radikalisme merupakan tindakan yang sangat membahayakan keutuhan NKRI karena tidak hanya mengancam dari luar tetapi menyusupi ke dalam diri seseorang melalui pencegahan yang dilakukan oleh kelompok intoleran. Sehingga dibutuhkan semua pihak agar berperan aktif dalam menangkal setiap paham yang masuk dan tumbuh di tengah masyarakat. 


"Peran aktif masyarakat untuk proaktif melaporkan setiap adanya paham yang baru masuk sangat diharapkan, apalagi keterbatasan personil saat ini, karena terkadang dua desa hanya satu Babinsa yang ditugaskan sehingga keterbatasan untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh belum maksimal jadi dibutuhkan peran semua pihak agar paham radikalisme dan separatisme tidak masuk ke daerah kita," Katanya. 


Sehingga, kata mantan Danramil Wundulako ini dibutuhkan pencegahan dimulai dari keluarga lingkungan sekitar dan lingkungan masyarakat, agar paham tersebut tidak masuk dan berkembang ditengah masyarakat yang dapat mengancam keutuhan NKRI. 


"Jika ada hal-hal yang mencurigakan ditengah masyarakat segera laporkan agar dapat dipantau, karena jika masyarakat diam dan tidak peduli makan ancaman cepat atau lambat pasti akan terjadi. Dan itu yang kita tidak dingin," Pintanya. (3NO). 



×
Berita Terbaru Update