Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wakil Bupati Kolaka Buka Festival Revitalisasi Bahasa Berbasis Komunitas

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Kamis, 09 September 2021 | September 09, 2021 WIB Last Updated 2021-09-09T14:04:14Z

 

ketgam : wakil Bupati Kolaka 

Kolaka, Sultra cerdas com- Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME. yang juga selaku Ketua Dewan Adat Mekongga membuka secara resmi acara Festival Revitalisasi Bahasa Berbasis Komunitas yang dilaksanakan di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Kamis(9/9/2021).


Kegiatan tersebut turut dihadiri bapak Dani Setiawan dari Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa Kemendikbut Ristek,  ibu Dr. Hj.Herawati, S.S., M dari Badan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra, Kepala OPD terkait, Pemangku Adat, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. 


 ketua panitia Deni Setiawan dalam laporannya menyampaikan  proses-proses pembimbingan tunas harapan baru bahasa ibu telah berlangsung selama 4 bulan yang dimulai sejak bulan mei 202I. Hingga tahap pementasan hasil yang kami sebut dengan festival revitalisasi bahasa daerah berbasis komunitas. 


Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang putra dan putri Kabupaten Kolaka dengan tim pembimbing sejumlah 9 orang. Dengan maksud dan tujuan revitalisasi ini untuk membangun generasi pewaris negeri yang siap bersaing ditataran global untuk mengangkat bangsa dilingkup dunia dengan komitmen yang di bangun yaitu mengutamakan bahasa indonesia, melestarikan bahasa daerah, menguasai bahasa asing. 


Oleh karena itu, harapan kami semoga putra dan putri sebagai tunas harapan baru bahasa ibu dapat menjadi generasi pewaris yang unggul dalam persaingan di semua tataran. 


Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME menyampaikan, Apresiasi yang tinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mana kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. 


Dengan kegiatan yang kita laksanakan ini diharapkan dapat terus menjaga keberlangsungan dan menjaga serta melestarikan adat istiadat suatu daerah  terkhususnya bahasa tolaki yang berada di bumi mekongga 


"Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat menggugah kita dengan berbahasa daerah kedepannya sehingga kita tidak kehilangan identitas sebagai suku tolaki," harapnya. 


Proses pembelajaran dalam rangka revitalisasi merupakan pembelajaran berbahasa daerah dengan cara seni dan teatrikal yang bertujuan sebagai pembiasaan untuk berkomunikasi dengan penggunaan bahasa daerah. 


"Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum berbahasa daerah dan membiasakan berkomunikasi dengan bahasa daerah.Selamat melaksanakan festival dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan,"tuturnya.






Laporan  : Tim red

×
Berita Terbaru Update