Notification

×

Iklan

Iklan Halaman Atas

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TMMD Ke-111 Di Kolaka Timur, Ciptakan Ratusan Hektar Sawah Baru

YUK ! BACA INFORMASI DARI SULTRACERDAS.COM SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA BY MARJUNUS
Minggu, 27 Juni 2021 | Juni 27, 2021 WIB Last Updated 2021-06-28T00:32:27Z

Ketgam: Warga Aere yang sudah merubah lahannya dari lahan perkebunan menjadi lahan persawahan (Ist).

 Tirawuta, Sultra cedas com-Kehadiran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berdampak luas terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, pasalnya melalui kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1412 Kolaka dibawah komando Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setiawan, BS, M. Han ada salah satu program kegiatan fisik yang sedang dirampungkan pekerjaannya yakni pembuatan bendungan mini yang terletak di Desa Pekorea, Kecamatan Aere. 


Hadirnya bendungan mini tersebut rupanya telah menciptakan ratusan hektar sawah baru karena akan mengairi tiga desa yakni Desa Pekorea, Desa Rubia, dan Desa Aere. 


Bahkan saat ini, sudah banyak warga yang mulai mengalih fungsikan lahannya dari lahan perkebunan menjadi lahan persawahan. 


Warga Pekorea H Arif mengaku bersyukur akan hadir program TMMD di desa mereka, sebab telah banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat. Apalagi mayoritas penduduk di kecamatan Aere adalah petani. Sehingga berkat program TMMD para petani semakin terbantu. 


"Allhamdulilah pak kami sebagai petani sangat terbantu akan program TMMD karena sumber air akan semakin melimpah sehingga memudahkan kami untuk bercocok tanam," Katanya saat ditemui media ini pekan kemarin. 


Bahkan kata Arif saat ini sudah banyak masyarakat yang merubah lahannya dari sebelumnya lahan pertanian sekarang sudah dijadikan lahan persawahan. 


"Karena kami melihat bendungan sudah terbangun maka, sudah banyak warga yg mulai menata lahan untuk dijadikan sebagai lahan persawahan, yang saat ini sudah mencapai puluhan hektar sawah baru dan akan terus bertambah," Akunnya. 


Hal senada dikatakan tumeng kehadiran bendungan sudah lama dinantikan masyarakat Aere, apalagi mayoritas masyarakat Aere adalah petani. 


"Sejak harga coklat dan hasilnya sudah tidak memuaskan masyarakat memang ingin mengganti tanamannya dan lahannya menjadi lahan persawahan. Dan Allhamdulilah semua bisa terwujud berkat kehadiran anggota TMMD. Jadi kami sangat berterimakasih kepada bapak TNI yang sudah banyak membantu," Pujinya.


Sementara itu, Dansatgas TMMD Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setiawan, BS, M. Han mengaku jika sebelumnya yang akan dibangun hanyalah embung, akan tetapi melihat potensi dan kondisi wilayah pihaknya mengubah menjadi bendungan mini. Hal ini dilakukan agar asas manfaatnya lebih besar bagi masyarakat. 


"Sebenarnya yang akan kita bangun itu embung akan tetapi kita ubah menjadi bendungan mini, dan Allhamdulilah sebentar lagi akan rampung pembangunannya," Singkat Dandim Kolaka ini. (Eno) 



×
Berita Terbaru Update